Bersihkan Disk Drive Dari File Yang Tidak Perlu Untuk Meningkatkan Kinerja Komputer

Ketika datang untuk merawat komputer Anda, Anda mungkin pernah mendengar semuanya sebelumnya. “Jalankan Defrag!” “Pindai Disk Anda untuk Kesalahan!” Meskipun kedua aktivitas ini penting, masih ada lagi yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang usia komputer Anda di luar rentang dua tahun yang diprediksi hari ini. Bahkan, dengan mengikuti saran sederhana di bawah ini, Anda dapat menikmati penggunaan komputer Anda hingga lima tahun atau lebih – memesan biaya untuk peningkatan perangkat lunak sederhana alih-alih menyelesaikan dan memperbarui perangkat keras yang mahal.

Salah satu hal termudah dan paling murah yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur komputer Anda adalah menyingkirkan program, folder, dan file yang tidak perlu. Disk drive yang tersumbat dengan file yang tidak perlu dan tidak terpakai adalah disk drive yang bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Meskipun sistem defrag Window dapat meredakan beberapa tekanan yang diletakkan file-file ini ke drive, itu tidak banyak membantu untuk menyingkirkan masalah di tempat pertama. Ini karena program defrag hanya mengatur file dalam suatu sistem yang membuatnya lebih mudah untuk diakses oleh komputer. (Dengan demikian mengurangi pekerjaan yang diperlukan untuk menemukan dan memuatnya). Tetapi metode ini hanya “menghilangkan” gejala yang disebabkan oleh file-file ini – tidak menyerang penyebabnya. File-file ini perlu dihapus – bukan “terorganisir!”

Tentu saja, menghapus file bisa menjadi petualangan yang menakutkan bagi sebagian besar pengguna. Sebagian besar pengguna komputer tidak tahu file mana yang aman untuk dihapus dan mana yang tidak.

Hal terburuk yang bisa dilakukan siapa pun adalah mengintip direktori-direktori Window yang penting dan secara acak menghapus file-file yang tidak terlihat familier. Melakukannya dapat membuat program-program penting tidak dapat dioperasikan, merusak sistem operasi Windows, dan mungkin mencegah komputer untuk memulai lagi. Itu sebabnya menggunakan perangkat lunak penghapusan khusus sangat penting. Program penghapusan akan menganalisis sistem operasi komputer dan program yang diinstal untuk menentukan file mana yang penting untuk fungsi komputer versus file mana yang aman untuk dihapus.

Anda sudah memiliki program seperti itu di komputer Anda dan itu adalah Program Tambah / Hapus Windows (tersedia dari Control Panel). Perangkat lunak ini akan membantu Anda menghapus program yang bukan saja tidak Anda inginkan, tetapi juga file tambahan yang digunakan program ini (pustaka tautan dinamis, file database, referensi registri, ikon pintasan, dll.).

Namun terkadang Tambah / Hapus Program Windows tidak cukup. Meskipun perangkat lunak ini melakukan pekerjaan yang cukup baik untuk menghapus program yang tidak diinginkan, ia dapat meninggalkan beberapa file bahkan setelah uninstall lengkap – file yang menjadi file yatim. Dan ini adalah file yatim piatu yang benar-benar dapat mengacaukan hard drive dan mempersingkat masa pakai PC yang muda dan kuat.

Anak yatim biasanya file yang berisi data sementara yang dibuat oleh suatu program, file yang dibuat oleh pengguna, sebagian file yang tersisa dari kerusakan komputer, atau jenis file lain-lain yang dibuat untuk hampir semua alasan lain. Masalahnya adalah bahwa program uninstall tidak menghapus file yatim yang ditinggalkannya karena mereka tidak pernah menjadi bagian dari program ketika pertama kali diinstal. Program penghapusan instalan hanya dapat menghapus file yang ditempatkan ke hard drive selama rutin instalasinya.

Baca juga : Tips Menjauhkan Anak dari Pribadi yang Rasis

Jadi sementara Windows Tambah / Hapus Program dapat menghapus seluruh program, Anda harus menyingkirkan hal-hal kecil sial dengan pembersih file yang lebih maju seperti CleanSweep misalnya. CleanSweep adalah program unik yang secara khusus akan mencari file yang tidak lagi dikaitkan dengan program, dan kemudian bertanya apakah Anda ingin menghapusnya.

Satu-satunya saat Anda tidak ingin menghapus file yatim adalah jika file tersebut adalah dokumen aktual yang Anda buat sebelum menghapus suatu program. Jika Anda mengatakan, hapus instalasi Microsoft Word, semua dokumen yang Anda buat dengan Word akan berubah menjadi file yatim piatu. Atau jika Anda menghapus program pengeditan gambar, semua gambar yang Anda buat dengan program tersebut akan menjadi file yatim.

Hal yang cerdas untuk dilakukan ketika Anda tidak ingin kehilangan data yang Anda buat dengan program yang tidak diinginkan adalah:

  1. Simpan atau konversi dokumen Anda ke format yang akan berfungsi dengan program yang berbeda terlebih dahulu (yaitu, program yang ingin Anda pertahankan)
  2. Mengarsipkannya ke floppy disk, flash drive, atau CD-ROM
  3. Lanjutkan dengan program seperti CleanSweep.

Menggunakan CleanSweep atau jenis utilitas serupa lainnya dapat menghapus di mana saja dari kurang dari satu megabyte ruang hard drive hingga lebih dari lima megabita dan lebih tinggi. Itu mungkin tampak seperti sejumlah kecil “bahan tersumbat” bagi Anda, tetapi untuk komputer Anda, itu jauh lebih sedikit untuk diproses!

Sharing is caring!

You may also like...

shares